Jeroan Sapi

Gurih dan Lezat Jeroan Sapi

Gurih dan Lezat Jeroan Sapi

JIKA di televisi ada reality show yang menantang orang untuk menyantap bagian yang tak lazim dari tubuh hewan. Di Semarang juga ada warung makan yang menyediakan menu ekstrem seperti itu. Datang saja ke warung Mak Mi di Jalan Suyudono No 51 Semarang.

Warung senderhana ini menyajikan menu kuliner dari torpedo sapi. Racikan bumbu yang mantap, dipastikan orang akan lupa bahwa itu adalah sebuah torpedo sapi yang selama ini kurang dilirik.

Pemilik warung Mak Mi, Hj Rasilah, 75 mengaku sudah membuka warung tersebut selama 45 tahun dengan menu andalan torpedo sapi. Sebelum menetap di Jalan Suyudono, nenek 20 cucu dan 2 buyut ini membuka warung PKL di Jalan Bulustalan Gang 4. Kemudian pindah ke garasi salah satu rumah warga, dan akhirnya menetap dan membeli kios di Jalan Suyudono.

Wah, dulu kami hanya warung PKL biasa. Kini Alhamdulillah sudah menetap. Dari dulu menu andalannya ya torpedo sapi, semua orang sudah tahu itu,” kata Hj Rasilah diamini Sugiharti, 42, anak keempatnya.

Hj Rasilah menjelaskan, kekhasan masakan torpedo sapi hingga sekarang masih dipertahankan. Sebab, torpedo sapi bagi sebagian orang diyakini bisa sebagai obat penyakit, penambah vitalitas dan stamina. Bahkan ada yang mayakini menyantap torpedo sapi bisa menghaluskan kulit.

“Ada pelanggan yang kalau ke sini itu untuk mencari tombo (obat, Red) penyakit. Katanya biar tambah seger,” kata Hj Rasilah kepada Radar Semarang.

Kini masakan torpedo sapi yang menjadi ciri khas warung ini dimasak Sugiharti bersama Yulia, 39, anak keenam dan Siti Nurjubaidah, 31, anak ketujuh. Sementara sang ibu Hj Rasilah alias Mak Mi sudah tiga tahun ini hanya mengawasi warung.

Yulia menerangkan, cara memasak warung makan Mak Mi sejak pertama kali buka hingga sekarang masih mempertahankan cara tradisional menggunakan arang atau kayu. Selain itu, juga pantang menggunakan penyedap rasa.  Beberapa kali dirinya mencoba memasak menggunakan kompor gas, namun hasilnya justru mengecewakan. “Kalau pakai kompor gas, masakan belum matang tapi air untuk merebusnya sudah habis,” tuturnya

Di samping masakan torpedo sapi yang seporsi seharga Rp 8 ribu, di warung Mak Mi juga menyediakan koyor sapi, cumi, jeroan, udang dan kepiting lemburi goreng, paru, oseng-oseng lombok ijo, gudeg telur bebek, serta aneka masakan kuliner lainnya.  (dit/aro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s