Tahu Baxo Bu Pudji

tahu bakso

tahu bakso

BELUM lengkap rasanya ke Ungaran bila tidak beli oleh-oleh tahu bakso. Barangkali pernyataan itu tak salah. Coba saja cicipi Tahu Baxo Bu Pudji, pasti akan ketagihan. Cita rasanya berbeda dengan tahu bakso umumnya yang banyak dijual di pasaran. Dari gigitan pertama sampai terakhir baksonya terasa.

Berbentuk kotak segi empat, di dalamnya ditanam bakso yang gurih. Semakin enak bila dinikmati dengan cabe rawit hijau nan pedas.

Sri Lestari atau akrab dipanggil Bu Pudji ini pencetus tahu bakso sebagai oleh-oleh khas Ungaran. Outlet “Tahu Baxo Bu Pudji” dan aneka bakso di Jalan Letjen Suprapto No 24 Ungaran tak pernah sepi pembeli. Bahkan, banyak yang rela antre demi mendapatkan tahu bakso ini. Umumnya, tahu bakso itu untuk oleh-oleh. Satu bungkus tahu bakso goreng berisi 10 biji harganya Rp 16 ribu, sedangkan tahu bakso basah atau belum digoreng Rp 15 ribu.

Apa keistimewaan tahu bakso Bu Pudji? Rasanya gurih, tidak terlalu asin, pas di lidah. Baksonya tidak sekadar hiasan atau cuma menempel di tahu, tapi mulai dari gigitan awal sampai terakhir terasa. Tak salah bila disebut tahu bakso, karena merupakan paduan tahu dan bakso. Bentuknya juga menarik, rapi, rata dan rapat.

“Rapi, rata dan rapat menjadi motto kami. Tahunya rapi, bentuknya rata dan baksonya rapet,”ujar Sri Lestari didampingi suaminya  Pudjijanto di outletnya kemarin (28/5).

Tahu dan bakso diproduksi sendiri. “Kami sangat memperhatikan kualitas bahan baku dan pembuatannya sesuai aturan-aturan yang memenuhi standar kesehatan. Jadi lebih terjamin kualitasnya,”jelas  Pudjijanto sembari menambahkan pembuatan tahu sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet seperti formalin.

Sejak awal buka usaha, dirinya menghindari hal itu karena tak ingin merugikan konsumen. Tak heran bila tahu baksonya hanya tahan sampai 2 hari, kecuali dimasukkan dalam lemari pendingin.

Dia mulai membuat tahu bakso pada 1995. Awalnya hanya dijual di kalangan teman-teman PKK, atau Dharma Wanita. Dari situ, tahu baksonya mulai dikenal luas. Sebelumnya hanya melayani kalau ada pesanan. Kemudian diputuskan setiap hari bikin. Karena setiap hari pasti ada yang membeli. Waktu itu dikenal dengan tahu bakso Kepodang karena Bu Pudji tinggal di Jalan Kepodang.

Tahun 1996, ia berjualan dengan gerobak dorong. Produksi tahu tiap hari hanya 100-150 biji, kemudian berkembang menjadi 1.500 pada 2002. Dan saat ini rata-rata tiap hari mencapai 10 ribu. Pada saat liburan Hari Raya Lebaran bisa sampai 15 ribu tahu setiap hari. Meskipun bermunculan pesaing baru, dirinya tetap eksis.

“Logikanya kalau banyak pesaing produksi kita berkurang. Realitasnya tidak, justru semakin bertambah dan bertambah. Saya juga tidak tahu kenapa bisa terjadi,”papar pria yang baru setahun pensiun itu.

Tahun 2002, pasangan suami istri ini pindah rumah, dari Jalan Kepodang ke Kutilang. Maka, nama tahu bakso Kepodang diganti menjadi Tahu Baxo Bu Pudji.

Diceritakan ibu 3 anak itu, ide membuat tahu bakso karena kepepet kebutuhan hidup. Gaji suami PNS dirasa tak mampu memenuhi kebutuhan yang semakin besar. “Tiap tanggal 10 gaji sudah habis. Jadi saya harus kreatif memutar otak mencari tambahan penghasilan,”papar perempuan berkerudung ini.

Semula mencoba bisnis pakaian, kelontong dan beberapa usaha lain, namun selalu menemui kegagalan. Lantas muncul ide bikin tahu bakso, ketika mencicipi tahu isi bakso di suatu acara. “Karena saya hobi masak, saya coba bikin tahu bakso,”katanya sembari tersenyum. Berkat tahu bakso, Bu Pudji tak lagi tergantung pada gaji suami yang pas-pasan.  (lis/aro)

About these ads

47 pemikiran pada “Tahu Baxo Bu Pudji

  1. setiap pulang kampung saya pasti mampir dan nikmati tahu baxo bu puji..
    apa bisa dikirim ke jakarta dengan paket ya.. artinya apa bisa terima pesanan ya? dah kangen sama gurihnya nih..
    cara pesannya gimana nih

  2. saya salut pada bu pudji. boleh dong buk. sedikit resepnya. biar saya bisa bikin sendiri dirumah. selamat dan sukses terus buat bu pudji. dan semoga tetap ramai pembeli.

  3. Awal saya mengenal tahu bakso Bu Pudji ini adalah setiap kakak saya yang tinggal di Ungaran pulang membawakan oleh-oleh tahu Bakso ini dan rasanya memang enak serta tidak membosankan.Dari ide awal mendirikan usaha ini saya apresiasi sekali dengan kreatifitas Bu Pudji ini dan saya berharap bisa mengikuti jejak Bu Pudji. Dari pengamatan saya semenjak tinggal di salah satu Kabupaten di Jawa barat ini belum ada usaha tahu bakso apalagi tahu bakso yang berkualitas dan enak rasanya seperti milik Bu Bupdji ini sehingga saya berharap bisa memasarkan/menjadi agen untuk pemasaran tahu Bakso Bu Pudji ini di area kami.
    Kalau Ibu/bapak berkenan mohon diberikan bagaimana prosedurnya agar kami bisa menjadai agen tahu bakso ini, dan kalau seandainya dengan sistem pengiriman paket apakah aman dan bagaimana proses pemesanannya?
    Mohon penjelasannya dan terima kasih sebelumnya.

    Hormat saya,
    Tri

  4. Asslmkm,Bu saya dlu wktu sering ke ungaran pasti beli tahu bakso Bu puji,skrg udah lama saya ga mkn tahu bakso Ibu,dan dlm hati saya ingin membuka outlet tahu bakso tp tahu baksonya dr buatan Ibu.bs ga saya memesan untuk di jual lagi,alamat tinggal saya di cirebon.kl bs tlg hub saya via tlp atau sms mengenai harga per bungkus dan prosedurnya.ne no saya 085726528883.makasih

  5. tahu bakso anda koq bisa tahan 5-7 hari apa pake formalin bu puji..
    koq saya bikin tahu nya aja sehari udaah rusak..

  6. @All. wah tahu bu pudji tanggapannya luar biasa banyak banget ya..nah kebetulan tuh ada EKO yg jg karyawannya tahu baxo bu pudji, biar disampein semua saran dan usulan para bloger kuliner…lanjut EKO kasih tahu dong telpone bu pudji…..(Panitia)

  7. salam dahsyat ibu pujdi….
    rasa tahu bakso ibu pujdi bener2 luar biasa enak…

    semoga usaha ibu tambah sukses!!!!!
    oya ibu pujdi,mau tanya klo frienchice ibu pujdi hrganya brpa ya?

  8. saya tinggal di sby, kalo ada tetangga pulkam ke Ungaran saya nitip. gimana caranya spy bisa jualan tahu baxo.nya?minim pembelian berapa & berapa lama masa expire-nya? terima kasih.

  9. tahunya khusus ya bu, koq baksonya bisa menyatu dengan tahu, sedangkan saya coba buat baksonya tidak bisa nyatu dengan tahu, apa rahasianya ?makasih

  10. Saya sangat kecewa karena ditempat saya tinggal sekarang di malang jawa timur gak ada tahu bakso selezat tahu bakso bu pudji.saya asli dari kota tercinta ungaran tepatnya di leyangan ungaran bumi indah, tgl 29 november 2009 saya harus melaksanakan tugas dan menetap di jawa timur……rasa kangen ingin merasakan tahu bakso bu pudji sekarang hanyalah angan-angan, krn di jawa timur tidak ada tahu bakso seenak tahu bakso bu pudji….karena terlalu banyak kewajiban saya di jawa timur sehingga saya sampai sekarang belum bisa pulang ke ungaran entah kapan ???? seandainnya ada niat buka cabang di jatim, saya sangat senang….sehingga kangen saya terhadap tahu bakso bu pudji terobati….sumonggo bu pudji dipun penggalih maleh…. bab bikak agen dumateng jawa timur khususnya di kota malang…… terima kasih

  11. alamat lgkap_y dimana ya……? diizinkzn untuk PKL tdk ya…… kebetulan saya mencri tempat PKL (praktek kerja lapang) brhbgn dgn produk peternakan untuk menyelesaikan matakuliah semster akhir. mohon informasi_y…..trimakasih

  12. alamat jelasny dmn y? tolong diperjelas dgn penandanya. ancer2.. dr dl sll bingung klk nyari tau baxony bu pudji. tq

  13. aslmkm…salam hormat , saya berminat unt buka keagenan tahu baxo di kota yogja ,klo berkenan bagaimana syarat nya ,mohon inf ,tk

  14. salam kenal ibu Pudji saya sangat tertarik dengan produk ibu ( tahu Baxo ) dan saya berharap bisa kerjasaa saya tinggal di surabaya dan sangat berminat untuk membuka outlet produk tahu baxo ibu sekiranya ibu berkenan bagaimana caranya agar dapat ikut memasarkan produk ibu di Surabaya dan sekitarnya sekian terima kasih mohon jawabannya kami tunggu

  15. Asakam.. Mksh infonya… Untuk skeda update saja.. Sekarang hargany per dus @10 biji. 19 rb.. Untuk tahu bakso basah.. Yg goreng 20rb per dus…

  16. udah pernah nyobain siomay &batagor yang paling enak di semarang belum?,,kini telah di buka warung siomay bon-bon di jl. mugas, sebelah kiri unisbank pandanaran.Semarang,,, siomay bon-bon, lezat siomaynya, maknyus sambal kacangnya…murahhh, cuma Rp. 3.000 udah dapet 1 porsi,,,,enak,lezat dan bergizi. coba datang dan buktikan kelezatannya,,,,…

  17. bisa pesen setiap hari senin aja ada barang fresh, lngsng dbawa dari semarang telp.085880628712 untuk area thamrin jakarta pusat

  18. hampir setiap pulang kampung selalu tidak lupa bawa oleh-oleh tahu baxo pudji, karena rumah saya dekat dengan cabang kecilnya di sarinah mall banyumanik, semarang.

  19. pengin order ni, saya di jkt.., waktu itu pernah nyoba tahu baxo bu puji di kantor oleh2 teman dr semarang, sekarang ko kebayang-bayang terus nikmatnya,, seandainya saya bisa pesan dari jkt trus dikirim lewat paket…..@semoga didengar dan dikabulkan ya bu puji., please,,….*ngidam tahu baxo bu puji..

  20. bagi rekan-rekan yang ingin merasakan tahu baxo ibu pudji bisa order ke saya,
    pengiriman akan menggunakan TIKI, dengan paket ONS.
    bisa juga cek lapak ane di kaskus gan.
    kemarin ane habis kirim ke dpok, jakarta barat, surabaya.
    bis akontak saya. 081805965149 atau di bb, PIN 2A716559

  21. Saya salah Satu penggemar baxo Bu Pudji dari duLu masih asli dirumah yg lama, setiap sy habis dr sala3 tempat mertua sy pasti mampir membeli utk dibawa ke Jkt. Sy tahu baxo ini kr dr mertua. Sy uda terpkir lama utk Jd agen sMenjak pertama kali dibawaKan oleh2 tahu baxo Bu PudJi, tp entah niat itu tdk terlaksana. Skarang tekad sy bulat ingin jadi salah satu Agen distributor di jakarta, bOLeh sy taU ProseDur dan nomer telp yg bisa sy hubungi? Sy tunggu segerA jawabannya. Matur suwun sanget

  22. Kalau Ibu/bapak berkenan mohon diberikan bagaimana prosedurnya agar kami bisa menjadai agen tahu bakso ini, dan kalau seandainya dengan sistem pengiriman paket apakah aman dan bagaimana proses pemesanannya?
    Mohon penjelasannya dan terima kasih sebelumnya.

    Hormat saya,
    harjanto surabaya.08165438900

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s